Edit ByKangdansen

Buka

Adsensecamp

Busana Muslimah : Tren atau Kewajiban?

Berdasarkan data tahun 2009, jumlah penduduk Indonesia mencapai 202,87 juta jiwa dengan persentase 88,2 % penduduknya adalah muslim. Dengan jumlah ini Indonesia menjadi negara dengan jumlah muslim terbesar di Dunia. Kini, negeri muslim terbesar ini tengah di proyeksikan oleh Indonesia islamic Fashion Consortium (IIFC) menjadi sentral mode busana muslimah di dunia. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat Indonesia memiliki tingkat ekspor busana muslim dan muslimah yang besar ke berbagai negara. Walhasil, Industri pakaian muslimah kini berkembang pesat. Busana muslimah kini menjadi tren yang populer dan diminati oleh muslimah di Indonesia.

Perkembangan mode dan tren busana muslimah ini sebenarnya membawa dampak negatif akan pergeseran nilai busana muslim menjadi sekedar tren dan fashion, bukan lagi dilihat sebagai tuntutan syariat yang wajib dilaksanakan. Lihat saja busana muslimah yang kini marak beredar lebih mengedepankan mode dan mengesampingkan syariat. Walhasil, menutup aurat pun bukan lagi berlandaskan pemahaman Islam namun lebih pada mengikuti perkembangan tren dan zaman.

Pergeseran nilai tersebut, menjadi salah satu bukti telah melunturnya nilai-nilai islam dalam kehidupan. Islam dan syariatnya mulai diasingkan dan dianggap sekedar kebudayaan. Padahal islam adalah sistem kehidupan dari Allah yang wajib diterapkan, nilainya pun tetap dan kekal tanpa memandang zaman.

Dengan demikian diperlukan usaha dan perjuangan yang tidak sedikit untuk mengembalikan Islam sebagai satu-satunya standar nilai dalam kehidupan baik individu, masyarakat maupun dalam bernegara. Tak layaklah bagi manusia menentukan nilai dan hukum suatu perkara, karena yang berhak menentukan baik-buruk dan terpuji-tercelanya sesuatu adalah Allah saja, Dzat Yang Maha mengetahui hakikat hamba-Nya. Sehingga syariat-lah yang akan menjadi motivasi dan tujuan manusia melaksanakan suatu perbuatan. Wallahu’alam

Fenti Fempirina Komariah
http://www.eramuslim.com/suara-kita/suara-pembaca/busana-muslimah-tren-atau-kewajiban.htm

Comments
0 Comments

Leave reply

Saling berbagi itu indah, tapi jangan sampai melampaui batas.

Daftar Isi

barisan iklan

syahadat



Tausiyah



Mario Teguh

Music islamic


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com
Back to Top